UI Kirim Dokter, Akademisi, hingga Mahasiswa ke Asmat

Posted in Berita

Share

Tim dokter, akademisi, dan mahasiswa UI tiba di Bandara Moses Kilangin Timika, Papua (Foto: dok. UI)


Jakarta - Universitas Indonesia (UI) mengirimkan tim pengabdian masyarakat ke Asmat, Papua. Selama sepekan, tim ini akan memberikan pelayanan kesehatan dan gizi serta bantuan logistik bagi masyarakat.

"Ini upaya respons cepat dari kami terhadap permasalahan di Papua dan juga sebagai upaya pendekatan multidisiplin dari kami untuk merumuskan solusi jangka menengah dan panjang untuk permasalahan Papua," ujar Direktur Direktorat Riset & Pengabdian Masyarakat (DRPM) UI Prof Heri Hermansyah, dalam keterangan tertulis, Jumat (16/2/2018).

Tim yang berjumlah 24 orang ini terdiri dari alumni, tim dokter Fakultas Kedokteran UI, pakar akademisi dari berbagai fakultas di UI, BEM UI, dan Resimen Mahasiswa (Menwa). Mereka akan berada di Kabupaten Asmat pada 16-22 Februari 2018.

Tak hanya memberikan bantuan logistik dan layanan kesehatan, tim juga akan memberikan bantuan berupa Tabung Listrik (TaLis) untuk membantu distribusi listrik ke daerah-daerah Papua. TaLis merupakan inovasi dari dosen FTUI, Dr Chairul Hudaya.

Tim UI juga menggandeng TNI setempat dalam hal distribusi logistik, akomodasi, transportasi, dan pengamanan. Nantinya, tim juga akan memetakan masalah di Papua. Ke depan, tim UI akan menerapkan program Desa Binaan di lokasi tersebut.

"Karena kami ke depannya berencana untuk menerapkan program Desa Binaan di sana. Kami juga berusaha mengirimkan dokter-dokter dan tenaga kesehatan untuk melakukan kegiatan magang ke daerah Papua nantinya," tambahnya.

Heri menambahkan UI Peduli merupakan gerakan pengabdian masyarakat dari UI yang bertujuan membantu menyelesaikan permasalahan masyarakat melalui aplikasi ilmu pengetahuan, teknologi, dan sosial budaya. Program ini sudah berjalan sejak 2011 untuk membantu daerah bencana di Indonesia, seperti gempa Aceh, banjir Jakarta, ataupun meletusnya gunung berapi di Bali.

"UI Peduli adalah bentuk pengabdian UI kepada masyarakat, sehingga diharapkan institusi pendidikan tidak menjadi menara gading yang tidak peka dengan permasalahan yang terjadi di masyarakat," ujarnya.


-- https://news.detik.com/ --

Web terkait

WEBSITE MANAJEMEN

 

WEBSITE ISU PRIORITAS
CHPMmrs barumanpel2mbiayakes barupenkedokk bencanakiadeskesmutupel2dii