Kekurangan Tenaga Medis, Banten Desak Pemerintah Cabut Moratorium FK Untirta

Posted in Berita

Share

Terkait moratorium pendirian Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Pemprov Banten mendorong pemerintah pusat agar mencabut penangguhan tersebut.

"Kita sedang mendorong agar moratorium dicabut dan segera diprioritaskan di Untirta, jangan sampai malah ditempatkan di universitas luar Banten," kata Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy di Pendopo Gubernur Banten, Rabu (19/7/2017).

Ia mengatakan, hal itu dilakukan agar Untirta dapat merekrut tenaga medis yang dikerjakan sebagai dokter spesialis di Banten. "Kalau sekolah tinggi kan masing-masing ada spesifikasi, misal kebidanan, keperawatan dan lainnya, tidak ada spesialis hanya spesifikasi, yang kita butuhkan dokter spesialis," terangnya.

Ia juga menegaskan, meski dari segi pendanaan dilakukan oleh pusat, pihaknya siap mensuport terkait dengan program-program yang dapat membawa kemajuan Banten.

"Kalau itu pasti siap, Pemprov siap mendukung program-program yang membawa kemajuan Banten kedepan," jelasnya.

Ditemui terpisah, Ketua Komisi V DPRD Banten, Fitron Nur Ikhsan akan melakukan afirmasi kepada pemerintah pusat terkait dengan proses pendirian Fakultas Kedokteran di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten.

"Kami bersama gubernur akan melakukan afirmasi ke pusat, surat sudah kita layangkan tinggal menunggu jadwal saja dari pusat," ujarnya.

Ia menilai, pendirian fakultas tersebut menjadi kebutuhan mendesak Provinsi Banten untuk mencetak para dokter, sebab menurutnya, Provinsi Banten selama ini masih kekurangan jumlah dokter.

"Kita butuh banyak dokter, banyak rumah sakit dan puskesmas tapi tidak ada dokternya, seharusnya setiap Puskesmas memiliki dokter," terangnya.

Menurutnya, Komisi V sangat berharap agar fakultas tersebut bisa segera terwujud sehingga permasalahan kekurangan tenaga medis di Banten bisa teratasi.

"Kalau ada fakultas Kedokteran di daerah, saya yakin mereka para lulusan mau di tempatkan di kampungnya," pungkasnya.

Sumber: https://newsmedia.co.id/kekurangan-tenaga-medis-banten-desak-pemerintah-cabut-moratorium-fk-untirta/

Web terkait

WEBSITE MANAJEMEN

 

WEBSITE ISU PRIORITAS
CHPMmrs barumanpel2mbiayakes barupenkedokk bencanakiadeskesmutupel2dii