Minta Nakes dan Fasilitas Penunjang Segera Dilengkapi

Posted in Berita

Share


PROKAL.CO, MALINAU-Kunjungan Menteri Kesehatan (Menkes) RI Nila Moeloek ke Rumah Sakit Pratama Long Ampung, Kecamatan Kayan Selatan, Kabupaten Malinau dimanfaatkan untuk berdialog langsung oleh masyarakat. Seperti yang disampaikan Baya Apaui selaku Kepala Adat se-Kecamatan Kayan Selatan dan Kayan Hulu. 

Hal ini sangat disyukuri masyarakat perbatasan di Malinau, tetapi atas nama masyarakat di dua kecamatan ini, Baya Apui meminta kepada Menkes agar segera melengkapi fasilitas penunjang Rumah Sakit Pratama agar bisa dioperasikan maksimal untuk pelayanan kepada masyarakat perbatasan. "Fasilitas dan segala macam penunjangnya harus segera dipercepat. Jangan hanya bangunan saja yang megah, tapi peralatan-peralatan kurang lengkap. Seperti yang diungkapkan pak dokter tadi, terutama tenaga dokter spesialis harus dilengkapi supaya pelayanannya jangan ada yang kurang. Kami mohon, supaya sama seperti yang di Samarinda atau yang di Balikpapan," sebut Baya Apui menyampaikan kepada Menteri Kesehatan RI dan disambut riuh tepuk tangan oleh masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Baya Apaui juga menyampaikan pesan dari Kepala Adat Besar Apau Kayan kepada Menkes Nila Moeloek agar pemekaran wilayah daerah Apau Kayan juga dipercepat menjadi daerah otonom sendiri. "Mohon ini juga disampaikan kepada bapak Presiden agar segera dipercepatkan," imbuh Baya Apui.-

Para tenaga medis yang bertugas di daerah pedalaman dan perbatasan di wilayah Kabupaten Malinau juga turut menanyakan perihal kuota bagi para dokter umum yang bertugas di daerah perbatasan untuk melanjutkan menjadi dokter spesialis. "Mengingat, informasi yang diterima bagi tenaga medis di daerah perbatasan dan pedalaman seperti di Kabupaten Malinau, terbatas dan terlambat," ungkap dr Inggong dalam dialog dengan Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek.

Kemudian,lanjut dr Inggong, Menteri Kesehatan apakah mau memberikan rekomendasi jika para dokter umum yang bertugas di daerah perbatasan ini ingin melanjutkan sekolah menjadi dokter spesialis?. Dengan catatan jika lulus atau setelah selesai jadi dokter sepesialis, akan kembali ditempatkan dan mengabdi di tempat asal mula mengabdi saat mengajukan jadi dokter sepsialis atau asal bekerja semula.

Tak hanya itu, masalah kapasitas dan kompetensi perawat dan kebidanan terkait bidang-bidang yang melakukan upgrading atau pelatihan khusus bagi tenaga perawat dan bidan maupun dokter yang dikhususnya bagi tenaga kesehatan yang bertugas di daerah perbatasan juga turut dipertanyakan. "Sebab, jika kesempatan ini diberlakukan kepada seluruh tenaga kesehatan bagi seluruh indonesia, maka petugas kesehatan yang ada di pinggiran perbatasan Negara ini terus terang sangat-sangat ketinggalan. Karena keterbatasan informasi tadi," ungkap salah seorang dokter kepada Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek.

Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek sangat bersedia sekali memberikan rekomendasi terkait dengan rencana para dokter yang bertugas di daerah perbatasan berkeinginan melanjutkan sekolah menjadi dokter spesialis. Hal ini juga sebagai bentuk penghargaan atas pengabdian para dokter yang bertugas di daerah perbatasan yang sudah mengabdi kepada bangsa yang tentunya jauh berbeda dari pada yang mengabdi di kota. "Karena di semua akses di perkotaan tentu lebih mudah. Tapi disini (perbatasan Malinau) perjuangannya betul-betul sangat berat," ungkap Menteri Kesehatan Nila Moeloek.

Terkait dengan usulan upgrading atau pelatihan untuk peningkatan kapasitas bagi tenaga kesehatan yang dikhususnya bagi daerah perbatasan, terpencil dan terluar dan tertinggal, menurut Menteri Kesehatan juga ada kemungkinan bisa diberikan secara khusus. "Termasuk dari apa yang disampaikan kepala adat, kami semua mencatat untuk bagaimana supaya alat penunjang rumah sakit maupunSDM kesehatan ini akan kita optimalkan. Sedangkan mengenai daerah otonomi baru, akan disampaikan kepada pemerintah pusat," ungkap Nila Moeloek.


Sumber: http://kaltara.prokal.co/read/news/13167-minta-nakes-dan-fasilitas-penunjang-segera-dilengkapi.html

 

Web terkait

WEBSITE MANAJEMEN

 

WEBSITE ISU PRIORITAS
CHPMmrs barumanpel2mbiayakes barupenkedokk bencanakiadeskesmutupel2dii