Ratusan Dokter Ditugaskan ke Puskesmas terpencil

Posted in Berita

Share

BANDA ACEH - Ratusan dokter dan tenaga medis yang dikontrak Dinas Kesehatan Aceh tahun ini sudah ditempatkan ke puskesmas dan puskesmas pembantu di daerah terpencil yang jauh dari rumah sakit umum. Hal itu merupakan bagian dari untuk untuk meningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di daerah pedalaman.

Sekda Aceh, Dermawan, mengatakan, perekrutan dokter dan tenaga medis kontrak itu merupakan wujud komitmen dari Pemerintah Aceh guna menurunkan angka kematian bayi, ibu melahirkan, kasus gizi buruk, penyakit menular, dan promosi kesehatan di daerah terpencil dan kepulauan.

"Program ini juga merupakan usaha memberikan pemerataan pelayanan kesehatan secara maksimal ke daerah terpencil dan kepuluan. Sehingga, pelayanan yang diterima masyarakat akan sama dengan puskesmas dan rumah sakit di kabupaten," ujar Dermawan didampingi Kadis Kesehatan Aceh, dr Hanif kepada wartawan seusai Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN), di halaman Kantor Gubernur Aceh, kemarin.

Pemerintah Aceh, terus menambah dan meningkatkan fasilitas dan peralatan medis untuk daerah terpencil dan kepulauan dengan berbagai sumber dana.

Pada HKN tingkat Provinsi Aceh tahun ini, Dinas Kesehatan Aceh memberikan hadiah umrah gratis kepada dokter dan tenaga medis berprestasi. Sembilan orang yang menjadi juara pertama pada sembilan bidang yang dinilai oleh panitia HKN berhak atas hadiah tersebut. Sedangkan juara II dan III, diberikan laptop dan hadiah lainnya.

Kadis Kesehatan Aceh, dr Hanif menyebutkan, sembilan orang yang menerima hadiah umrah gratis itu masing-masing dr Muhammad Ridwansyah (Puskesmas Kluet Selatan, Aceh Selatan), drg Martha Rinda (Puskesmas Bandar, Bener Meriah), dan Wiwin Muzakir AMdKep (Puskesmas Pante Raya, Bener Meriah).

Selain itu, Fitriani AMdKeb (Puskesmas Pante Raya), dan Silvia Mandasari SKM (Puskesmas Kota Kuala Simpang), Said Sarbuni (Puskesmas Bakongan, Aceh Selatan), Laini Suasana AMdAk (Puskesmas Simpang Tiga, Bener Meriah), Siti Zakiah AMG STP (Puskesmas Kota Sigli, Pidie), dan Harty Tasmi SFarm Apt (Puskesmas Natam, Aceh Tenggara).

Untuk Puskesmas berprestasi kategori perkotaan, sebut Hanif, juara I dan II diraih Puskesmas Kota Kuala Simpang, PuskesmasLangsa Barat. Puskesmas berprestasi kategori pedesaan, juara I dan II didapat Puskesmas Peudada, Bireuen dan PuskesmasRantau, Aceh Tamiang.

Puskesmas Asuhan Mandiri Tanam Obat Keluarga dan Akupresure, juara I, II, dan III masing-masing Puskesmas Langsa Barat, Puskesmas Rantau dan Puskesmas Peudada.


Sumber: http://aceh.tribunnews.com/2017/11/14/ratusan-dokter-ditugaskan-ke-puskesmas-terpencil

Web terkait

WEBSITE MANAJEMEN

 

WEBSITE ISU PRIORITAS
CHPMmrs barumanpel2mbiayakes barupenkedokk bencanakiadeskesmutupel2dii