Dokter Terbang Akan Dikerahkan untuk Tangani Wabah Penyakit di Papua

Posted in Berita

Share

Petugas kesehatan memberikan perawatan kepada sejumlah anak penderita gizi buruk dari kampung Warse, Distrik Jetsy di RSUD Agats, Kabupaten Asmat, Papua, Senin (22/1/2018). Sebanyak 15 anak dievakuasi menuju Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Agats untuk diberikan perawatan dan pengobatan.(ANTARA FOTO / M AGUNG RAJASA)


JAKARTA, - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan, Presiden Joko Widodo berpesan agar Polri dan TNI bergerak cepat dalam menangani wabah penyakit campak dan gizi buruk di Kabupaten Asmat, Papua.

Langkah yang telah dilakukan saat ini yakni dengan membentuk satuan tugas yang terdiri dari elemen Polri dan TNI.

Hadi mengatakan, dalam waktu dekat, pihaknya juga akan mengerahkan dokter yang akan diterbangkan ke daerah-daerah terpencil di Papua.

"Yang paling penting kita juga akan menerbangkan dokter terbang," ujar Hadi di kompleks Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (23/1/2018).

Tak hanya di Asmat, dokter tersebut juga akan berkeliling ke daerah-daerah yang tidak terjangkit penyakit dalam rangka antisipasi.

Masyarakat akan dicek kondisi kesehatannya dan diberi stok obat-obatan.

"Akan kita datangi secara periodik dengan tenaga tenaga dokter dan tenaga medis lainnya," kata Hadi.

Hadi mengatakan, satgas untuk wabah penyakit tersebut akan bertugas selama satu tahun. Selama itu, selain menerjunkan tenaga medis, satgas juga mendatangi tempat yang rawan terhadap penyakit.

"Tentunya ditambah dengan dukungan logistik dan dukungan obat-obatan," kata dia.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengatakan, satgas yang dibentuk TNI dan Polri itu akan melakukan monitoring secara berkala oleh unit terbawah, seperti Babinsa atau Bhabinkamtibmas.

Dengan demikian, potensi gangguan kesehatan bisa lebih cepat terdeteksi.

"Ini segera untuk dimonitor, segera dilaporkan, segera kita bertindak ke lapangan, sebelum muncul ke ruang publik," kata Tito.


-- http://nasional.kompas.com--

Web terkait

WEBSITE MANAJEMEN

 

WEBSITE ISU PRIORITAS
CHPMmrs barumanpel2mbiayakes barupenkedokk bencanakiadeskesmutupel2dii