UP2KP Desak Kemenkes untuk Menempatkan Dokter di Papua

Posted in Berita

Share

Malnutrisi Melanda Asmat, Papua. Apa Sebabnya? (Sergey Uryadnikov/shutterstock)


Jakarta Unit Percepatan Pembangunan Kesehatan Papua (UP2KP) berharap Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (PPSDMK) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menempatkan dokter di berbagai kabupaten/kota di Provinsi Papua, guna menutupi kekurangan daerah.

"SDM kesehatan terutama dokter di seluruh kabupaten/kota di Papua masih minim terutama di wilayah pedalaman, sehingga butuh bantuan PPSDM Kemenkes untuk menempatkan dokter di Papua," kata Kepala Bidang Respon dan Emergensi UP2KP Darwin Rumbiak di Jayapura, seperti dikutip dari AntaraNews, Minggu (28/1/2018).

Menurut Darwin, pada 1-8 Mei 2017 pihaknya melakukan pemantauan dan pendataan SDM kesehatan di 18 kabupaten di Provinsi Papua yang kondisi geografisnya sulit dijangkau pelayanan kesehatan.

Hasilnya, jumlah SDM kesehatan masih sangat kurang, terutama tenaga dokter.

"Kami bertanya, mengapa petugas kesehatan terutama dokter ini tidak mau ditempatkan di daerah pedalaman? Rata-rata menjawab karena gaji kontrak mereka kecil jika dibandingkan dengan biaya hidup di Papua," ujarnya tanpa merinci nilai upah para dokter kontrak di Papua.

"Nah, para bupati dan dinas kesehatan kabupaten/kota harus memperhatikan hal ini kedepan," sambungnya.


-- http://health.liputan6.com --

Web terkait

WEBSITE MANAJEMEN

 

WEBSITE ISU PRIORITAS
CHPMmrs barumanpel2mbiayakes barupenkedokk bencanakiadeskesmutupel2dii