Setahun Program Wajib Kerja Dokter Spesialis Berjalan, Ini Evaluasinya

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Jakarta, - Persoalan ketiadaan dokter spesialis di daerah daerah terpencil, diatasi pemerintah dengan memberlakukan Program Wajib Kerja Dokter Spesialis (WKDS) sejak setahun lalu. Program yang sempat menimbulkan kontroversi itu, ternyata membawa dampak positif.

Sejak diberlakukan Maret 2017 hingga April 2018, program WKDS telah berhasil menempatkan sebanyak 1.213 dokter spesialis di 474 rumah sakit di 392 kabupaten atau kota di sleuruh Indonesia. Dalam catatan kementerian Kesehatan, sejumlah kendala dan persoalan dtemukan dalam penyelenggaraan program nasional untuk mengatasi kesenjangan pelayanan kesehatan tersebut. tersebut pelaksanaannya. Seperti, masih belum cukupnya tenaga dokter yang dikirimkan, atau terpenuhinya fasilitas yang memadai.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nila Moeloek mengatakan berbagai masukan sangat dibutuhkan. Kerjasama pun harus terus dilakukan agar pelaksanaan semakin baik. “Saya berharap kendala dan masalah yang kita temukan dapat segera kita selesaikan. Untuk mengatasinya kita perlu melibatkan banyak pihak. Program WKDS tidak dapat berjalan hanya oleh Kementerian Kesehatan saja,” ucap Menkes.

Dokter spesialis bedah, Novelia Dara Monika yang ditugaskan di Samarinda, Kalimantan Timur melihat berbagai fasilitas kesehatan di sejumlah daerah sebenarnya sudah cukup memadai. Namun, diakuinya, Samarinda, masih kekurangan SDM khususnya dokter spesialis anak.

“ Sudah cukup lengkap dengan ada kamar operasi, ICU dan bangsal. Semuanya sudah lengkap. Untuk penunjang seperti radiologi juga cukup. Namun tenaga dokter terbatas,kalau dokter ngga ada jadi susah layanannya. Yang sudah ada yaitu dokter bedah, anastesi, syaraf dan sebagainya. Dokter anak saja yang masih minim,” ujarnya saat acara dialog dengan Kemenkes pada Senin (16/4) di aula Siwabessy Kemenkes.

Selama di Samarinda, Novelia ditempatkan di sebuah rumah sakit dekat jalan raya yang kerap menangani pasien akibat kecelakaan lalu lintas.


-- https://www.gatra.com/ --

Copyright © 2018 Dokter Rural Indonesia.

Search