Dokter Puskesmas di Bandung Jumlahnya Diklaim Mencukupi

Share

Kebutuhan dokter yang bertugas di 75 puskesmas Kota Bandung diklaim jumlahnya sudah ideal dalam melayani masyarakat.

Saat ini jumlah dokter keseluruhan sebanyak 375 orang yang melayani rata-rata 600 pasien di puskemas setiap harinya. Awalnya, beberapa waktu yang lalu sebanyak 100 dokter bertugas di tempat serupa. Namun agar layanan medis paripurna, dibutuhkan tenaga tambahan 120 dokter.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Rita Verita Sri Hasniarty, terpenuhinya kebutuhan dokter ini berasal dari pekerja tidak tetap (PTT), Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dan aparatur sipil negara (ASN).

"Saya enggak hapal jumlah pastinya Blud berapa, PTT berapa, lalu yang PNS berapa. Enggak hapal jumlah keseluruhannya. Alhamdulillah teratasi dengan tenaga PTT dan Blud," kata Rita Verita Sri Hasniarty, Bandung, ditulis Selasa (1/8/2017).

Rita Verita Sri Hasniarty mengatakan, masih adanya dokter berstatus PTT yang bertugas di puskesmas, disebabkan kontrak kerja mereka berakhir di tahun 2018 mendatang. Meski pada tahun 2016, pemerintah telah memutuskan tidak diperbolehkan dokter dengan status PTT.

Dia menjelaskan keberadaan dokter PTT itu sangat membantu untuk pemenuhan pelayanan kesehatan di puskemas.

"Nanti setelah mereka selesai mengabdi, bisa dialihkan ke tenaga BLUD bukan PNS," ujar Rita.

Dinas Kesehatan Kota Bandung menyatakan otoritasnya sekarang ini telah berubah menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dari awalnya langsung bagian pemerintahan kota.


SUMEBER: http://health.liputan6.com/read/3042069/dokter-puskesmas-di-bandung-jumlahnya-diklaim-mencukupi

Web terkait

WEBSITE MANAJEMEN

 

WEBSITE ISU PRIORITAS
CHPMmrs barumanpel2mbiayakes barupenkedokk bencanakiadeskesmutupel2dii