150 Orang Dokter di NTT Ikuti MCU IDI Sikka - Pos Kupang

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

MAUMERE--Sejumlah 150 orang dokter umum dari Pulau Flores, Timor, Lembata, Alor, Malaka hingga Sumba Barat, selama dua hari, Sabtu-Minggu (7-8/7/2019) aktif terlibat dalam Maumere Clinical Update III (MCU3) di Aula Hotel Go Maumere, Pulau Flores.

Kegiatan diselenggarakan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Sikka, berisi simposium dan workshop (pelatihan) kepada dokter umum.

Ketua IDI Sikka, dr. Mario B. Nara, Sp.A, kepada POS-KUPANG.COM, Senin (8/7/2019) siang mengatakan, MCU merupakan agenda rutin IDI Sikka meningkatkan profesionalisme para dokter.

Meski para dokter bekerja di daerah dengan fasilitas terbatas, diharapkan kualitas pelayanan pada masyarakat di NTT ditingkatkan.

MCU, kata Mario Nara, juga memudahkan para dokter di NTT mengikuti simposium atau seminar perkembangan ilmu kedokteran yang memerlukan biaya besar bila harus berangkat ke Bali dan Jawa.

”MCU bisa jadi sarana reuni para dokter se-NTT, ini juga bagian promosi pariwisata Kabupaten Sikka oleh IDI Sikka,” ujar Mario Nara.

Simposium menghadirkan narasumber dokter spesialis senior dari Malang, Kupang dan Maumere. Materi kegawatan bayi baru lahir oleh dr. Mario B. Nara, Sp.A. Penatalaksaan terkini hipertensi disampaikan dr. Asep Purnama Sp.PD. Penanganan dan pencegahan infeksi rabies oleh dr. Candida Sp.S, Penanganna TBC dengan kondisi khusus (dr. Merici Boro, Sp.PD). Penangan fraktur dan dislokasi (dr. Su Djie To Rante, Sp.T dari RS Sikoam Kupang. Perawatan luka diabetes dan luka bakar (dr.Alders Nitbani Sp.B dari RSU WZ Yohanes Kupang). Tatalaksana awal ACS dan aritmia FKTP oleh dr. Setyasih Anjarwani,Sp.JP(K) dari RSU Syaiful Anwar Malang)

• Pariwisata Harus Sejahterakan Warga Lokal

• Seperti Kandang Ternak Bangunan SD Paralel Mbinudita Sumba Timur

• Siswa di SMAK Suria Atambua Dilarang Pakai Handphone Saat Jam Sekolah

Materi pelatihan, melliputi penanganan persalinan letak sungsang oleh tim spesais Obgin RSUD dr.TC. Hillers). Pemasangan tampon pada epistaxis oleh tim dr. spesialis THT RSU Syaiful anwar Malang. Penilaian tumbuh kembang anak disampaikan Dr. Dr. Simplisia Sp.A, dari Surabaya, update kegawatan trauma oleh dr. A. Fredy Sp.EM dari Malang dan pendekatan klinis pasien keluhan rhemumatik oleh dr. Perdana A R,Sp.PD dari Malang.

Ketua penyelenggara, dr. Dewi Terang, mengatakan MCU3 ini didukung PT DIPA Pharmalab, RS Siloam Kupang, Go Hotel Maumere, Apotik Winola, Laboratorium Mahardika, RSUD dr. TC Hillers Maumere, BPJS Cabang Sikka, Apotik Agradece, Apotik Waioti dan Laboratorium Klinik Prodia.

“Peserta sangat antusias ikuti simposium. Mereka menanyakan berbagai permasalahan ditemui saat bekerja di RS dan Puskesmas. Dari quesioner yang disebar panitia, mereka puas dan mengharapkan MCU diadakan setiap tahun,” kata Dewi Terang. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Eginius Mo’a)


Sumber: https://kupang.tribunnews.com/2019/07/08/150-orang-dokter-di-ntt-ikuti-mcu-idi-sikka

Copyright © 2019 Dokter Rural Indonesia.

Search